Wenas Jr., Menanyakan Hak

0
50
Foto: Hukum Tua Desa Watutumou Tiga Kecamatan Kalawat. Intan Wenas

Paparan.ID Minut – Polemik pembayaran penghasilan/gaji para Perangkat Desa berbuntut panjang. Beberapa hukum tua mulai mempertanyakan hak “pasukannya” yang hingga saat ini belum ada kejelasan terkait tunjangan/gaji yang seharusnya sudah diterima. Menurut informasi dari beberapa hukum tua hak dari perangkat desa sampai masuk triwulan ketiga untuk bulan  Mei-Juni belum dibayarkan terlebih lagi perangkat desa tidak masuk dalam daftar penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST).

Baca juga: BLT di Minut Banyak salah sasaran

Sebelumnya Kepala Badan (Kaban) Keuangan Kabupaten Minahasa Utara mengatakan pada beberapa media online jika isu terhambatnya hak perangkat desa itu tidak benar, namun di lain pihak muncul juga pernyataan berbeda dari kaban keuangan di salah satu media online dengan menyebutkan akan segera melakukan pembayaran terhadap hak para perangkat desa. Hukum Tua Desa Watutumou Tiga Kecamatan Kalawat Intan Wenas pada salah satu grup WhatsApp mempertanyakan akan hak dari para perangkat desa yang menurutnya sampai saat ini masih “menggantung”

Editor: Gambar Ilustrasi

“Memang benar kabar perihal belum di gaji 4 bulan itu, karena gaji 1 bulan (April) sudah diberikan. Yang kami tanyakan kenapa gaji triwulan kedua tidak diberikan secara bersamaan? Dan kami meminta alasan yang jelas kenapa gaji bulan Mei dan Juni belum diberikan?” tulis Wenas Jr.

Saat dikonfirmasi akan hal tersebut Intan dengan gamblang menjelaskan jika saat ini dirinya prihatin dengan kondisi dan keadaan perangkat desa yang ada di desanya sebab bagaimanapun mereka memiliki kebutuhan hidup keluarga yang harus di cukupkan sedangkan menurutnya hak mereka sampai saat ini belum ada kejelasan,” Saya menyiasati dengan tetap memberikan hak mereka. Karena perangkat desa ini adalah ujung tombak pemerintahan di desa, disamping itu mereka adalah masyarakat juga, memiliki kebutuhan yang tidak bisa kita anggap sepele. Namun saya juga punya keterbatasan sampai kapan saya harus menanggulangi kebutuhan mereka?” ujarnya.

Secara tegas dirinya mempertanyakan kepastian hak perangkat desa untuk bulan Mei-Juni” Saya mempertanyakan kapan pembayaran hak perangkat desa untuk bulan Mei-Juni, sedangkan saat ini sudah memasuki triwulan ketiga pada tahun 2020?” imbuhnya.

Selain itu menurut informasi, sampai saat ini untuk Anggaran Dana Desa (ADD) belum ada yang masuk. Padahal kita sudah akan memasuki bulan kedelapan di tahun anggaran.

(Heri)

Sharing is caring

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here